Langsung ke konten utama

Makanan Bergizi Untuk Bayi Umur 1 - 6 Bulan




   Makanan Bergizi Untuk Bayi Umur 1-6 BulanBeberapa orangtua terkadang tak sabar ingin cepat-cepat memberikan bayinya makanan padat seperti pisang atau biskuit. Tapi hal ini sebaiknya dihindari, karena ada banyak manfaat yang bisa didapat bayi jika memberikan makanan padat sesuai usianya.

Para ahli telah sepakat bahwa sebaiknya orangtua menunggu hingga bayinya berusia 6 bulan sebelum memberikannya makanan padat. Hal ini didukung oleh sejumlah hasil penelitian dan rekomendasi dari beberapa organisasi kesehatan.



Sebagian besar bayi akan memasuki tahap perkembangan dan fisiologis untuk siap menerima makanan padat pada usia 6-9 bulan. Bahkan untuk beberapa bayi ada yang harus menunda lebih lama yaitu hingga 12 bulan jika memiliki riwayat alergi di keluarganya.

Seperti dikutip dari Kellymom, Senin (23/8/2010) ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bayi jika menunda memberikan makanan padat hingga diatas usia 6 bulan, yaitu:

1. Memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit
Sudah banyak diketahui bahwa bayi bisa mendapatkan kekebalan melalui ASI, dan kekebalan paling besar didapatkan jika bayi diberikan ASI eksklusif. Saat ini diketahui ASI memiliki lebih dari 50 faktor kekebalan, tapi kemungkinan masih banyak lagi yang belum diketahui.

Salah satu contohnya adalah kemungkinan terkena penyakit pernapasan yang dapat terjadi kapanpun pada bayi secara signifikan akan berkurang jika bayi diberikan ASI eksklusif dan tidak adanya makanan padat yang diperkenalkan selama itu.

2. Memberikan waktu bagi sistem pencernaan bayi untuk berkembang sempurna
Jika makanan padat diberikan sebelum sistem pencernaan bayi siap untuk menerimanya, maka makanan tersebut akan kurang dicerna dan bisa menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan seperti gangguan pencernaan, perut kembung atau sembelit.

Contohnya adalah enzim amilase baru akan mencapai tingkat memadai untuk mencerna pati sekitar usia 6 bulan, enzim maltase, isomaltase dan sucrase untuk mencerna karbohidrat baru akan sempurna sekitar usia 7 bulan, serta enzim lipase untuk mencerna lemak baru akan mencapai tingkat dewasa sekitar usia 6-9 bulan.

3. Mengurangi risiko alergi makanan
Saat bayi baru lahir hingga usia antara 4-6 bulan, bayi memiliki sesuatu yang disebut dengan 'usus terbuka'. Hal ini berarti terdapat ruang antara sel-sel dari usus kecil yang memungkinkan makromolekul utuh termasuk protein dan patogen masuk ke dalam aliran darah. Ditambah dengan belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh bayi, maka memungkinkan bayi mengalami alergi makanan atau penyakit tertentu.

Bayi akan mulai memproduksi antibodi sendiri sekitar usia 6 bulan dan rongga-rongga di usus pun akan menutup pada usia tersebut. Saat itulah bayi mulai siap menerima makanan padat.

4. Membantu melindungi bayi dari penyakit anemia akibat kekurangan zat besi
Berdasarkan penelitian dari Pisacane pada tahun 1995 didapatkan bahwa bayi yang diberikan ASI eksklusif secara signifikan memiliki tingkat hemoglobin yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang sudah diberikan makanan padat sebelum usia tersebut. Hal ini dikarenakan pemberian ASI eksklusif bisa mempertahankan nilai-nilai hemoglobin di batas normal dan menyimpan zat besi di dalam tubuh.

5. Melindungi bayi dari ancaman obesitas di masa mendatang
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wilson tahun 1998, von Kries 1999 dan Kalies tahun 2005 diketahui memperkenalkan makanan padat terlalu dini pada bayi berkaitan dengan adanya peningkatan lemak tubuh dan juga berat badan di masa kanak-kanak.

6. Membantu ibu menjaga produksi air susunya
Bayi yang sudah mengenal berbagai rasa dari makanan padat yang dikonsumsinya, cenderung akan mulai menyapih atau berhenti menyusu lebih cepat dari waktunya. Karena pada umumnya bayi mendapatkan rasa yang lebih enak atau gurih dari makanan padat dibandingkan rasa ASI, sehingga lama kelamaan produksi ASI akan semakin berkurang. Sedangkan jika ASI terus menerus dikeluarkan atau diminum bayi, maka produksinya akan semakin banyak.

7. Membantu memberikan ruang bagi bayi
ASI merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kehamilan saat bayi masih mendapatkan ASI eksklusif, hal ini akan membuat bayi mendapatkan semua kebutuhan gizi yang diperlukannya dan kasih sayang dari orangtua.

8. Membuat perkenalan makanan padat menjadi lebih mudah
Bayi yang mendapatkan makanan padat sesuai dengan usia, maka nantinya ia akan lebih mudah untuk makan sendiri, lebih mudah dalam hal memperkenalkan satu jenis makanan padat dan cenderung tidak memiliki reaksi alergi terhadap makanan.










Postingan populer dari blog ini

Nino Nurmadi Pengusaha Asal Lampung ini Bicara Bisnis

berita dari lampunginfo.com Pemilik PT Lampung Service nino nurmadi Angkat Bicara Soal Perkembangan Bisnis Usaha di Lampung usaha ada Menurut Pengusaha Asal Lampung ini ninonurmadi Mengatakan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan aktivitas bisnis, sedangkan di dunia fisika, usaha merupakan faktor dari perpindahan dengan gaya.


jadi setiap berwirausaha harus lah dibekali dengan Iman, Kejujuran, Serta Rasa Toleransi Antar Umat Beragama tidak hanya melihat sisi agama seperti Non Muslim di sisikan tapi bisa berbaur walaupun hanya sekedar berwirausaha semua agama itu ada rasa toleransinya seperti yang di sampaikan Pemilik PT Lampung Service Yaitu Nino Nurmadi dengan Situs ninonurmadi.com disampaikannya pada situsnya …

Jasa Kursus Service HP Sulawesi Terbaik di Indonesia

Jasa Kursus Service HP Sulawesi Terbaik di Indonesia Service Center MyG Bandar Lampung Indonesia Indonesia Service Center, Xiaomi, Asus, Lenovo, vivo, Samsung, LG, Sony, Vaio, Panasonic, Sharp, Philips, Casio, Acer, Apple, iPhone, iPhone iphone KTouch, Hitech, MyG, IMO,eTouch , Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE Acer, Asus, HTC, ben Q, Samsung, LG , Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea If you require any more information or have any questions about our site's  please feel free to contact us by email at kursusservicehp@gmail.com Or Looking to The Form Contact US On Right sub menu Dropdown Navbar Navigation Support to OS Android iPhone Or Desktop PC Window Microsoft Linux Cv Lampung …

Service HP Palu Murah Jasa Unlock iCloud iPhone Apple Mac Kunci Aktifasi

Service HP Palu Murah Jasa Unlock iCloud iPhone Apple Mac Kunci Aktifasi Bimbel Terbaik Di Lembaga Pendidikan Jasa Pelatihan Seminar Indonesia Populer Jasa Kursus Service HP Terbaik di Indonesia Lembaga Kursus Terbaik di Indonesia  Jasa Flash HP Android iPhone Instalasi Ulang Handphone Murah Indonesia Service HP Terdekat Jasa Bypass Micloud Android iPhone Xiaomi Lupa Password Jasa Root HP di Android iPhone Os iOs Mac Apple iPod iPad Murah Handphone Original Servis Resmi Indonesia Daeler Servis Service Center Mito Jasa Service HP Panggilan Murah Resmi Indonesia Android iPhone Service Center Acer Lombok Indonesia Jasa Unlock iCloud iPhone Apple Mac Kunci Aktifasi Jasa Service Center Android iPhone Indonesia HP Android iPhone Xiaomi, Asus, Lenovo, vivo, Samsung, LG, Sony, Vaio, Panasonic, Sharp, Philips, Casio, Acer, Apple,


Cv Lampung Service


Kontak : 081366574266
Alamat : Jalan Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange 35362 Lampung Indonesia / Cv Lampung Service, Jalan Bima, Bumisari, Kabupat…